Bukan tentang Yudisium, tapi Proses Mendapatkannya




Bagaimana kabar kalian selepas UAS semester ganjil ini ? masih sehat kah? 
Gue yakin kalian masih sehat, masih bisa menikmati nikmat bernafas yang Tuhan berikan. Iya kan? 
......
Alhamdulillah kalo kalian jawab "iya". Sebenernya UAS semester ini biasa aja bagi mahasiswa semester 3 dan 5. Soalnya mereka udah pernah merasakan sensasinya belajar kebut semalam atua belajar kebut dihari tenang. Hmmm... 

Gue cuma mau berbagi cerita tentang kuliah di semester 3 ini. Sederhananya kuliah di semester 3 ini beneran kejar deadline. Karena kebetulan ikut organisasi juga, maka porsi kuliah terbagi dengan organisasi, tapi itu ngga masalah bagi gue. (sekarang bisa bilang ngga masalah, hehe).  Bagi yang bisa manajemen waktu sebaik-baiknya pasti ngga masalah bisa memadukan dua kegiatan bahkan lebih dalam satu waktu. Gue salut banget sama anak organisasi yang tetep fight dalam akademik juga. Hal itulah yang memotivasi gue agar bisa belajar manajemen waktu sebaik-baiknya dimasa kuliah ini. Kalian bakalan rugi banget kalo selama jadi mahasiswa tapi ngga pernah belajar organisasi. Kenapa? soalnya kalian bakalan kesulitan untuk berinteraksi dan memahami karakter orang lain. Suatu saat kalo terjun ke masyarakat pasti ilmu organisasi bakalan bermanfaat banget tuh. :D 

Lanjut masalah DEADLINE. 
Gue pernah ngerasain deadline tugas kelompok yang sebenernya tugas itu dikasih dari sebulan yang lalu, udah observasi pula, tapi gue lupa, ahh,,,,, bukan lupa, tapi males ngerjain tugas bagian gue sendiri karena kecapean. (Ini alibi yang tidak dibenarkan guys....). Alhasil, gue sempet kena imbas dari kecewanya temen sekelompok gue gara-gara H-1 jam baru nyelesein tugas tersebut. Untungnya gue ngga sendiri, ada temen sekelompok yang mau ngebantuin, thanks yaa... hehe 
Gue juga sempet punya masalah sama sahabat sendiri, gara-gara hal yang sama, tugas kelompok yang belum kelar, padahal besoknya maju presentasi. Yah, pokoknya tugas deadline emang sensasinya luar biasa, ada rasa santai di awal, santai di tengah, dan grusa-grusu di akhir... Sampe ada kalimat pemasrahan atas kerja keras yang belum maksimal itu.  hehe 

Entah kenapa di semsester ini agenda kuliah dan organisasi bener-bener padat. Kalo diinget-inget mulai dari penerimaan mahasiswa baru, bantuin ngurusin KRS Maba, kebetulan pula gue ditunjuk jadi penanggung jawabnya. Ada beberapa miskomunikasi yang sempet bikin pusing kepala, lelah, dan sebagainya. Masalahnya gue bertanggung jawab atas 110 Mahasiswa. Tapi alhamdulillah nya temen-temen orgainisasi selalu membantu. Thanks yaa... :) 
Lanjut kegiatan organisasi yang lain yang kadang harus merelakan untuk mengambil jatah tidak masuk kuliah, alias izin lembaga. Nah, gue sempet khawatir kalo ada presensi yang kurang dari 75 %. Lebih khawatir lagi kalo ngga ketemu temen kuliah pada makul tertentu, uppsss..... :D 
Buat masalah yang satu ini, sebaiknya buat para organisator, pinter-pinter nyari waktu yang pas buat izin, kalo job desk kalian di kepanitiaan sudah selesai atau bisa dignatikan oleh teman yang lain, mending kalian izin acara dan ikut kuliah dulu. Antisipasi presensi merah. Habis kuliah bisa ikut kegiatan lagi jika memungkinkan. hehe 
Oya kalo di organisasi sering kali ada rapat malam atau kegiatan malam hari itu juga perlu diakalin dengan cara minum vitamin yang teratur dan makan yang teratur, agar daya tahan tubuh ngga gampang lelah ya.. Biarpun aktivitas seabreg, tapi tubuh harus tetep semangat dan bisa konsentrasi kuliah di dalem kelas. 

YUDISIUM.. 
Kalian belum ngerasain jadi mahasiswa yang deg-degan setelah buka portal akademik kalo belum ngerasain dapet nilai "K". Alias Kurang. hehe... Sebelum semester 3 ini, Alhamdulillah gue pernah ngerasain yang namanya deg-degan itu. wkwkwk... Ngga tanggung-tanggung nilai "K" nya pada makul Pendidikan Agama Islam. Sontak ketika temen ngasih tau kalo nilai gue ada yang "K" gue langsung takut banget, mau nangis tapi ngga bisa, mau cerita sama Babeh dan Ibu juga takut. Tapi setelah tanya-tanya temen ternyata ada yang dapet nilai "K" juga, seketika hati jadi riang gembira, haha, setidaknya bukan cuma gue sendiri yang bernasib demikian. Walaupun beda makul, tapi tak apa. hehe. 
Karena hari itu hari raya kalo ngga salah, jadi gue sms osennya beberapa hari setelah itu. Pada hari (H) gue sms dosen pengampunya. bilang bla-bla-bla....Alhamdulillah dosennya langung ngerespon, dan bilang nanti bapak carikan tugas mbak yang hilang. Sehari ditunggu bapaknya ngga bales lagi, dan hari ketiga setelah itu baru gue sms dosennya lagi, kata beliau tugas makalah kelompokanku ngga ada, beliau mengira gue ngga ikut ngerjain. Padahal gue inget banget itu tugasnya yang koordinir kan gue. Gue juga yang menyatukan seluruh file pembagian subbab ke temen-temen, masa iya gue lupa ngga mencantumkan nama sendiri di cover makalahnya. hmm..... gue bingung. Gue coba menghubungi semua temen sekelompok gue, dan mereka bilang nilai PAI mereka udah keluar. Nah, pasti ada hal yang kurang teliti dari beliaunya. Gue mencoba tenang dan mencari-cari kalimat yang pas buat bertutur dengan pak dosen. Gue beranikan diri di hari keempat buat telpon dosen tersebut. Alhamdulillah dijawab dan beliau bilang telpon nanti lagi ya mbak saya lagi di luar kota. Gue sabar lagi, mengingat nilai akhir gue masih menggantung dengan indah di semarang. wkwkwk.. 

Hari keenam gue telpon dosen tersebut lagi barangkali beliau sudah di semarang. Beliau bilang tugas gue ngga ada, dan gue diminta datang ke kampus (fakultas sebelah) buat ngumpulin tugas ulang. Dengan berani gue bilang maaf bapak rumah saya jauh dari semarang, bagaimana jika tugasnya saya kirim melalui email bapak? (rasanya deg-degan banget ngelobby dosen kaya gitu, tapi apa boleh buat, gue ngga sanggup ke Semarang besok lusa karena masa liburan itu masih lama banget dan ongkos pun belum cukup buat pulang pergi Semarang-Rumah). eh, Alhamdulillah Bapaknya baik banget dan ngejawab iya ngga apa-apa, nanti saya sms-kan email saya ke mbak ya. Ngomong-ngomong rumah nya dimana mbak? Seketika ada perasaan lega, sambil bilang terima kasih, gue jawab pertanyaan bapak dosennya, rumah saya di Majenang Pak, Cilacap bagian barat. 
Singkat cerita, tugas gue langsung dikirim via email setelah Bapaknya ngirim alamat email beliau. Alhamdulillah nilai PAI pun keluar di hari berikutnya. 

Nah, tentang hasil yudisium semester ini Alhamdulillah bisa meningkat dibandingkan semester 2 lalu. Ini semua berkat doa dan dukungan Babeh dan Ibu, juga semangat dari kawan yang jauh di kota "P" sana.  Terima kasih atas semuanya. Sebenarnya bukan hasilnya yang membahagiakan tapi karena prosesnya yang bisa dilalui dengan lancar meskipun dengan cucuran keringat dan daya tahan tubuh yang cukup dipaksakan. Minggu tenang semester ini bahkan ngga sempet baca buku apapun kecuali novel, hehe.. Padahal ada 4 buku yang kubawa dan tugas yang ku bawa sebagai oleh-oleh khas Unnes, tapi semua buku tak sempat terbaca dan tugas hanya dikerjakan di 5 hari terakhir selama di rumah. Kali ini bukan karena malas akibat organisasi tapi karena membantu Ibu merawat Mbah yang sakit dan sempat dirawat di RSUD. Selama 5 bulan ngga pulang ke rumah, maka hanya itulah yang bisa ku perbuat untuk membantu meringankan beban orang tua. :) 

Minggu berikutnya, Proses UAS pun berlangsung ------ 
Tak lupa selalu membaca buku dan serius belajar selama UAS, tapi ada saja hal yang mengganggu. Antara lain rasa malas, bosan, jenuh, dan mengantuk, hehe.... UAS  pun berjalan dengan lancar selancar-lancarnya dan sepasrahnya.. Bukannya gue ngga yakin, tapi emang gue ngerasa sangat beruntung UAS kali ini banyak soal logika nya. hehe.. Juga karena doa Babeh dan Ibu tentunya, dan tak lupa Doa setelah sholat Wajib dan Sholat sunah Duha sebelum berangkat UAS. Itu mujarab banget buat membantu melancarkan pikiran. 

Udah nulis panjang lebar nih, hehe
Semoga Yudisium semester ini barokah ilmunya, bukan sekedar hasilnya yang dibanggakan. Karena  kebanggaan bukan hal yang utama. 
Selamat malam... 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tradisional "Sunda Manda atau Engklek"

Unsur-Unsur Media Grafis

Pengaruh KKM dan Nilai UN terhadap Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Undangan